Penyakit Gonore dan Pencegahannya

Infeksi gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae dijelaskan oleh Dr. Satrio Dwi Prasodjo, SpOG, gejala infeksi iniĀ  pada perempuan seringnya tidak khas atau sulit dilihat. Gejala bisa muncul dalam 2-10 hari setelah terpapar.

virus-gonore

 

gonorePada perempuan, memberi gejala nyeri di daerah bagian bawah, kadang-kadang disertai keputihan dengan bau yang tidak sedap, alat kelamin terasa sakit atau gatal, rasa sakit atau panas pada waktu kencing dan pendarahan setelah melakukan hubungan seksual. Pada laki-laki, gejalanya lebih nyata, seperti rasa sakit pada waktu buang air kecil atau ereksi, dan keluar nanah dai saluran kencing terutama pada pagi hari.

Sama seperti infeksi klamidia, kuman gonore juga bisa menyebabkan komplikasi hingga kemandulan. Proses terjadinya infeksi gonore dengan infeksi klamidia pun sama, yakni jika infeksi ini tidak diobati pada perempuan maka menyebabkan penyakit radang panggul yang menyebabkan peradangan organ reproduksi yang berada di panggul, pelekatan di sekitar panggul dan nyeri panggul menahun, hinigga bisa terjadi kemandulan. Kehamilan ektopik pun dapat terjadi.

Laki-laki juga bisa menjadi mandul bila tidak mengobati infeksi gonore yang dialaminya dengan benar. Selain dampak pad aorgan reproduksi, disebutkan pula bahwa kuman in bisa meninfeksi sendi, katup jantung dan atau otak.

Gonore dapat menyebakan kebutaan dan penyakit sistmik seperti meningits dan arthritis sepsis pada bayi yang terineksi pada proses persalinan. Untuk mencegah kebutaan, semua bayi yag lahir di rumah sakit biasanya diberi tetesan mata unutk pengobatan gonore.

Pemeriksaaan dan Pengobatan Gonore

Pemeriksaan kuman gonore bisa dilakukan melalui sediaan langsung dengan perwarnaan gram yang akan ditemukan gonokokus gram negatif ataupun pembiakan dari sekret. Pengobatan infeksi ini juga dengan antibitoik yang akan dipilih dokter dengan pertimbangan efektivitas, efek samping dan biaya. Termasuk jika antibiotik ini diberikan pada ibu hamil, maka pilihlan yang paling aman bagi kelangsungan kehamilan dan hidup janin yang dikandung.

Pencegahan tetap merupakan langkah terpenting. Tidak melakukan hubungan seksual baik vaginal, anal dan oral dengan orang yang terinfeksi. Kondom dapat mengurangi tetapi tidak dapat menghilangkan sama sekali risiko penularan penyakit ini. Sebaiknya evaluasi dan periksakanlah pasangan dari orang yang terinfeksi.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Gonore, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gonore and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>