Gonore

Gonore atau kencing nanah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrboeae Seperti Sipilis.Bakteri ini menginfeksi lapisan dalam saluran kencing,leher rahim,rektum,tenggorokan dan bagian putih mata (Konjungtiva).

Gonore

Gonore

PENULARAN PENYAKIT GONORE

Bagaimana cara penularan gonorea?

Masa inkubasi bakteri ini sekitar 2-10 hari setelah masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seksual.Pada wanita,bakteri Neisseria Gonorrboeae menginfeksi saluran kencing,serviks,rahim,tuba fallopia (oviduct atau Bartholin yang terdapat dibibir kemaluan,kelenjar Skene’s yang terdapat dibagian lubang saluran kencing.Adapun pada pria,menginfeksi saluran kencing,epididimis,dan kelenjar Cowper’s.Selain itu,juga menginfeksi anus,rektum,mulut dan mata.

Bagaimana Gejala Gonorea?

Gejala utama dari penyakit ini adalah keluarnya nanah dari alat kelamin,terkadang nanah berwarna putih kekuning-kuningan atau kehijauan. Jika alat kelamin ini ditekan atau dipijit maka nanah akan keluar akan semakin banyak serta timbul rasa sakit saat urinasi dan kelenjar di selangkang menjadi bengkak.Infeksi selanjutnya dapat menyebabkan septicemia atau keracunan darah,radang jantung,dan sakit pada persendian.

Penyakit Gonorrhea Komplikas yang sering terjadi adalah bakteri bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh.Infeksi yang menyebar melalui darah bisa menyebabkan bintik-bintik merah berisi nanah dikulit,demam,dan nyeri sendi atau yang dikenal dengan sindrom artitis dermatis.Tak hanya itu,juga terjadi infeksi pada jantung (Endokarditis) dan infeksi pembungkus hati (Perihepatitis).

Bagaimana Penanganan Gonorea? Gonore umunya ditangani dengan suntikan atau antibiotik melaui mulut selama satu minggu. Jika gonorea terlanjur menyebar lewat aliran darah biasanya penderita akan diberikan antibiotik melalui pembuluh darah atau infus.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari gonorea?

Gonore Sama halnya dengan Sifilis,pencegahan yang paling efektif tentunya adalah tidak berhubungan langsung dengan orang yang memiliki penyakit kelamin menular.Setia pada pasangan dan tidak gonta-ganti pasangan adalah lebih baik bagi kehidupan seksual yang sehat.

PENYAKIT SEKSUAL GONORE

Penyakit gonore yang terjadi di kalangan masyarakat biasanya dikenal dengan istilah go adalah penyakit kelamin yang diakibatkan karena serangan bakteri Neisseria gonorrhea, sifat dari penularan yang terjadi bisa dengan mudah dan terjadi dengan cepat, maka seseorang yang menderita penyakit gonorrhea biasanya akan menularkan penyakit gonore saat sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Hal yang harus diperhatikan dari penyakit gonore ini adalah jika yang menderita adalah pasangan suami istri dan selama mengalami penyakit gonorrhea ini mereka melakukan hubungan intim dengan aktif, maka mereka berdua juga harus melakukan pengobatan walaupun sang istri tidak menunjukkan gejala tertentu. Hal ini dilakukan untuk mencegah dari terjadinya masalah fenomena pingpong yakni jika suami yang diobati maka ia akan tertular lagi dari istrinya dan begitupun juga sebaliknya.

CARA MENCEGAH PENYAKIT GONORE

Cara mencegah penyakit gonore atau penyakit kencing nanah adalah :

  1. Jangan bergonta ganti pasangan yang masih belum jelas riwayat kesehatannya.
  2. Jika melakukan hubungan seksual, maka gunakanlah kondom yang memang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin
  3. Jika Anda merasakan gejala penyakit gonore maka lakukanlah pengobatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mendiagnosa penyakit gonore, maka bisa dilakukan dengan serangkaian tes laboratorium untuk membantu mendiagnosa gonore yang sudah tersedia. Seorang dokter atau juga perawat bisa membantu mengambil sampel untuk bisa di tes dibagian tubuh mana yang mengalami infeksi gonore misalnya adalah bagian leher rahim atau serviks, uretra, dubur dan juga tenggorokan dan kemudian akan menelitinya didalam laboratorium. Kencing nanah yang terjadi pada serviks dan juga uretra bisa didiagnosa di dalam laboratorium dengan cara menguji sampel urinnya. Tes dari lab gonore yang cepat pada pria gonore dengan melihat gejala-gejala tertentu yang bisa dilakukan pada beberapa klinik atau juga kantro dokter yang disebut dengan A Gram Stain. Sampel A Gram Stain yang berasal dari uretra ini bisa memungkinkan dokter untuk bisa melihat bakteri gonore yang menggunakan mikroskop.

Jika penyakit gonore ini tidak segera diatasi dan diobati, maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang serius misalnya adalah :

  1. Pada wanita, penyakit gonore adalah penyebab yang paling umum dari terjadinya penyakit radang panggul. Selain itu, gejala dari penyakit gonore ini muncul bisa terjadi dengan ringan dan bisa juga serius yang  pada akhirnya menimbulkan sakit perut dan demam
  2. Penyakit radang pelvis bisa disebabkan karena abses internal atau kantong yang berisi nanah dan susah untuk diobati. Selain itu, akan mengalami masalah sakit pinggang yang kronis dan bisa berlangsung dengan jangka waktu lebih lama lagi. PID akan membuat tabung falopi menjadi rusak dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya kemandulan serta bisa meningkatkan resiko kehamilan aktopik.
  3. Kehamilan ektopik merupakan salah satu keadaan yang bisa mengancam hidup seseorang dimana telur yang tumbuh dengan subur dari luar uterus biasanya terdapat di tabung fallopi.

Gonore

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Gonore, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gonore and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.